Bisnis Sukses Uang Melimpah

Sekarang anda bisa menghasilkan uang dengan mudah dan melimpah dari berbagai bisnis sederhana di internet!

Menentukan Niche Market Bagi Produk Anda

Seperti Anda ketahui, ada banyak sekali cara untuk mencari uang di internet.

Anda dapat menghasilkan uang di internet dari memajang iklan di blog Anda, dengan mendapat komisi affiliasi dari memasarkan produk orang lain, bisa juga dengan membeli produk orang lain dan memberinya label sesuai nama Anda (master resale right), maupun dengan membuat produk Anda sendiri, atau lainnya.

Menghasilkan uang di internet bisa Anda lakukan dengan metode yang manapun yang Anda suka. Tapi terlepas dari apapun metode yang Anda pilih, untuk bisa berhasil dengan baik, ada suatu langkah yang perlu Anda lakukan, yaitu : memilih ceruk pasar (niche market).

Dan, Anda harus melakukan ini sebelum Anda menginvestasikan uang dan waktu Anda. Jika tidak, bisa jadi Anda hanya membuang uang dan waktu mempromosikan produk yang tidak ada orang yang mau membelinya.

Niche market sendiri secara garis besar bisa dibilang adalah “pangsa pasar” yang bisa Anda pilih. Apakah itu berdasar umur, kebangsaan, bahasa, jenis kelamin, usia, level income, atau yang lainnya. Terserah Anda, sesuai produk yang ingin Anda jual.

Niche market biasanya bersifat sangat spesifik, dan tidak terlalu lebar.

Contoh market yang bukan merupakan niche market niche adalah: toko mobil.

Yang pertama ini bukanlah niche market. Kenapa? Sebab mobil sangat banyak sekali jenisnya, dan juga banyak sekali mereknya. Dan hampir setiap toko mobil menyediakannya.

Contoh yang merupakan produk niche market adalah: toko mobil sedan antik.

Kalau yang kedua, baru dikatakan niche market. Mengapa dikatakan niche market? Jawabannya karena adalah produk yang ditawarkan sangat spesifik, tidak terlalu umum.

Lalu kenapa Anda harus mentarget niche market? Jawabannya, sebab dengan mentarget niche market berarti Anda menghemat biaya promosi dan tidak bersaing dengan kompetitor lain yang memiliki dana lebih besar untuk mempromosikan produk yang bersifat umum.

Jika Anda memposisikan diri sebagai toko mobil biasa, maka saingan Anda akan banyak sekali. Dan orang pun akan sulit mengingat toko Anda (karena banyaknya toko serupa). Tetapi jika Anda memposisikan toko Anda sebagai toko mobil sedan antik, orang akan mudah mengingat toko Anda, dan bisa dipastikan jarang sekali saingannya.

Nah, untuk memastikan Anda berada di jalur yang tepat, berikut saya berikan beberapa aturan dasar tentang memilih niche, silakan diikuti :

  • Pastikan Anda mentarget sebuah pasar yang spesifik, tidak terlalu umum.

Seperti contoh sebelumnya, jangan buat sebuah web tentang berjualan mobil, tetapi buat web yang khusus untuk menjual mobil sedang antik. Buat situs Anda unik, dan dikenal karena keunikannya tersebut.

Jika Anda membuat sebuah web “toko mobil online”, maka saingan Anda ada ribuan website lain. Tapi kalau situs Anda lain, misalnya hanya menjual produk mobil sedan antik, maka saingan Anda akan jarang sekali. Dan orang-orang pun akan ingat situs Anda pada saat mencari barang tersebut

  • Pastikan bahwa market yang Anda incar memiliki masalah, dan Anda memiliki solusinya.

Jangan mencoba menjual sesuatu yang tidak dibutuhkan orang. Jangan menjual apa yang Anda rasa dibutuhkan orang, tapi juallah apa-apa yang memang benar-benar dibutuhkan orang.

Misalnya: jika Anda melihat sekelompok petani memiliki masalah dengan banyaknya hama dan serangga yang merusak hasil panen mereka, maka juallah solusi untuk masalah mereka (misal: pestisida / pembasmi serangga).

  • Pastikan bahwa market Anda mau (dan mampu) untuk membayar solusi yang Anda tawarkan.

Jika market Anda tidak mau atau tidak mampu membayar produk atau jasa yang Anda tawarkan, Anda tidak akan menghasilkan banyak profit! Cari tahu sebanyak apa kemampuan (dan kemauan) target market Anda, dan pastikan Anda bisa menjual produk atau jasa yang mereka butuhkan dengan harga yang sesuai, dan tetap mendapat profit.

Misal: Anda membuka sebuah jasa web design online. Maka, pastikan bahwa layanan yang Anda berikan harganya tidak terlalu mahal untuk ukuran target market yang Anda tuju. Jangan berikan harga terlalu murah yang membuat Anda rugi, jangan berikan harga terlalu mahal yang membuat orang lari.

  • Terakhir: berikan nilai tambah yang memikat pada produk dan jasa Anda.

Pastikan Anda tidak hanya asal menjual produk / jasa, tapi pastikan juga bahwa produk dan jasa Anda memiliki nilai lebih dibanding kompetitor Anda.Misal: jika Anda membuka sebuah jasa pembuatan web online, berikan jaminan bahwa design Anda untuk paket tertentu bisa jadi lebih cepat sekian hari dari pesaing Anda, berikan jaminan bahwa jika tidak puas uang kembali (dan harus Anda tepati), dan sebagainya.

Yang terakhir, tapi termasuk yang terpenting: Jangan lupa berikan keunikan tersendiri dari produk dan jasa Anda, yang tidak bisa didapatkan oleh orang lain jika mereka membelinya dari pesaing Anda. Berikan juga bonus khusus jika mereka membeli produk yang Anda jual, dan tidak membeli produk serupa dari pesaing Anda.

Sesudah Anda melakukan langkah-langkah di atas, Anda akan lebih siap untuk memasarkan sebuah produk atau jasa yang bisa memenuhi kebutuhan pasar. Anda juga akan dapat segera menjalankan bisnis online Anda (apapun itu), dan mulai meraih keuntungan secepatnya. Lakukanlah semuanya, sekarang juga.

Demikian tips kali ini. Semoga bermanfaat.

Filed under: Tutorial, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Halaman

Arsip

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: